Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Perencanaan Produksi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Perencanaan Produksi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Perencanaan Produksi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Perencanaan Produksi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Perencanaan Produksi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Produk kerajinan Indonesia sudah banyak dikenal di luar negeri. Menciptakan kerajinan memerlukan jiwa inovatif dan kreatif yang tinggi. Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain, dan nilai fungsi. Pemilihan bahan memiliki kekuatan dan bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetik karya kerajinan.  

Teknik penciptaan yang baik dapat menentukan kesempurnaan bentuk karya. Sedangkan aspek fungsi dapat menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (ergonomis). Nilai estetika karya kerajinan dapat menambah kepuasan rasa indah bagi pemilik atau pemakai. Kerajinan mempunyai fungsi ganda yaitu fungsi praktis dan sebagai fungsi hiasan.  

Kerajinan terbagi atas dua yaitu kerajinaan berbentuk bangun datar dan berbentuk bangun ruang. Untuk pembahasan modul kali ini kita akan mempelajari tentang proses sistem produksi kerajinan bangun ruang.  

Istilah

  • Produksi : Untuk menciptakan nilai tambah suatu produk dengan mengubah input menjadi output berupa barang atau jasa.       
  • Sistem produksi : Suatu rangkaian dari beberapa elemen yang saling berhubungan dan saling menunjang satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. 
  • Ergonomis : Peraturan tentang bagaimana melakukan kerja, termasuk sikap kerja. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan siswa dapat : 
  1. Memahami perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang meliputi : 
    • Penentuan bahan material produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 
    • Penentuan teknik produksi dalam kerajian produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 
  2. Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan untuk produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 

B. Uraian Materi 

Perencanaan Produksi Produk Kerajinan  

Perencanaan produksi kerajinan umumnya lebih menitik beratkan pada nilai- nilai keunikan (uniqueness) dan estetika (keindahan), sementara dalam pemenuhan fungsinya lebih menekankan pada pemenuhan fungsi pakai yang lebih bersifat fisik (fisiologis), misalnya benda-benda pakai, perhiasan, furnitur, sandang, dan sebagainya. 

Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, kalian sudah mempelajari tentang perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. Diharapkan kalian dapat mengeksplorasi lebih jauh berbagai macam perencanaan proses produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu serta di wilayah nusantara. 

Dalam perkembanganya produk kerajinan tidak dapat melepaskan diri dari unsur-unsur seni pada umumnya. Sentuhan-sentuhan estetik sangat penting untuk mewujudkan karya kerajinan yang bermutu dan bernilai ekonomis. Pada produk kerajinan, aspek fungsi menempati porsi utama, maka karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis yang meliputi kenyamanan, keamanan dan keindahan (estetika). Penerapan unsur ergonomis pada produk kerajinan yang memiliki fungsi pakai sangat penting, karena produk kerajinan tersebut lebih mengutamakan fungsi dan kegunaannya. 
Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar pada semester 1, kalian sudah mempelajari tentang unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan. Diharapkan kalian dapat mengenali, mengeksplorasi tentang unsur estetika dan ergonomis serta mengembangkan produk-produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu dan di wilayah nusantara. Beberapa persyaratan dalam perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 

a. Menentukan Bahan Material Produksi Kerajinan  

Pemilihan bahan material dalam pembuatan karya kerajinan sangat penting, karena material akan mendukung nilai bentuk, kenyamanan terutama dalam menggunakan benda terapan dan juga akan mempengaruhi kualitas dari barang tersebut. Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, kalian sudah mempelajari tentang menentukan bahanmaterial produksi kerajinan dari bahan limbah. Diharapkan kalian dapat mengembangkan lebih jauh berbagai bahanmaterial produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu serta di wilayah nusantara. 

b. Menentukan Teknik Produksi  

Beberapa jenis kerajinan memiliki alat dan keterampilan khusus untuk mewujudkannya. Teknik produksi kerajinan disesuaikan dengan bahan, alat dan cara yang digunakan. Dalam pelaksanaan pembuatan produk-produk kerajinan yang menggunakan bahan limbah berbentuk bangun ruang dapat dilakukan dengan:  
  1. Teknik pahat  
  2. Teknik cetak  
  3. Teknik ukir  
  4. Teknik kolase dan sebagainya.  

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Memproduksi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang 

Pada prinsipnya alat dan bahan yang dibutuhkan dalam memproduksi kerajinan dari bahan limbah adalah sama. Oleh karena itu kalian diharapkan dapat mengembangkan materi alat dan bahan tersebut sehingga pembelajaran pada semester 2 ini dapat lebih lengkap dan berkembang. Beberapa karya kerajinan memiliki peralatan khusus yang tidak dipergunakan pada jenis karya lainnya. Tetapi ada juga alat atau bahan yang dipergunakan hampir disemua proses berkarya kerajinan. Alat-alat tulis gambar misalnya, adalah peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan hampir seluruh jenis karya kerajinan, terutama saat membuat rancangan karya kerajinan tersebut. Bahan berkarya kerajinan adalah material habis pakai yang digunakan untuk mewujudkan karya kerajinan tersebut. Ada bahan yang berfungsi sebagai bahan utama medium dan ada pula sebagai bahan penunjang. Ketika membuat karya karya kerajinan hiasan dari bahan limbah botol bekas, maka botol bekas sebagai bahan utamanya serta cat dan lem sebagai bahan penunjang. Bahan untuk berkarya kerajinan dari bahan bekas dapat dikategorikan menjadi bahan alami dan bahan sintetis. Bahan baku alami adalah material yang bahan dasarnya berasal dari alam. Bahan-bahan ini dapat digunakan secara langsung tanpa proses pengolahan terlebih dahulu. Bahan baku olahan adalah bahan-bahan alam yang telah diolah melalui proses industri tertentu menjadi bahan baru yang memiliki sifat dan karakter khusus. 

C. Rangkuman 

  1. Kreatifitas menuntut kita untuk terus berkembang. Seringlah bertemu dengan orang-orang yang mempunyai inspirasi berbeda dengan kita karena dengan hal tersebut kita bisa menemukan ide dan kreatif yang kita bangun sendiri. 
  2. Langkah dalam penjaringan ide dapat dilakukan dengan cara menciptakan produk baru dan berbeda, mengamati pintu peluang, menganalisi produk dan proses produksi secara mendalam. 
  3. Meskipun dengan bahan baku dari limbah dengan sedikit ide yang kita punya dan kreatifitas tinggi kita maka produk kerajinan akan dengan mudah mengalir kita buat, sesuaikan dengan fungsinya dan manfaatnya.  
  4. Pembuatan kerajinan hiasan lampu dari limbah merupakan salah satu contoh sederhana dari pengolahan limbah menjadi hasil kerajinan. 
  5. Alat dan bahan dalam membuat kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang sangatlah beraneka ragam, tergantung bagaimana kita bisa menggunakan dengan Teknik yang akan kita pakai. 

D. Penugasan 

“ Identiikasi dan jelaskan bahan dan alat yang diperlukan pada salah satu produksi kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang yang ada dilingkunganmu! Kemudian, buatlah laporan hasil identiikasi tersebut!” 

E. Latihan Soal 

  1. Apa yang dimaksud dengan perencanaan produksi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang? 
  2. Apa perbedaan aspek ergonomis dan estetika? 
  3. Apa saja persyaratan dalam perencanaan produksi dari bahan limbah berbentuk bangun ruang? 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Perencanaan Produksi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Perencanaan Produksi  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • makalah perencanaan produksi
    • perencanaan produksi pdf
    • tahapan perencanaan produksi
    • tujuan perencanaan produksi
    • perencanaan produksi contoh
    • perencanaan produksi massal
    • perencanaan produksi jangka pendek
    • perencanaan produksi meliputi