Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Mempelajari Strategi Promosi Usaha Kalian Meliputi Apa, Kapan Dan Bagaimana Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Mempelajari Strategi Promosi Usaha Kalian Meliputi Apa, Kapan Dan Bagaimana Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Mempelajari Strategi Promosi Usaha Kalian Meliputi Apa, Kapan Dan Bagaimana Cara Mempromosikan Usaha Kalian dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Mempelajari Strategi Promosi Usaha Kalian Meliputi Apa, Kapan Dan Bagaimana Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Mempelajari Strategi Promosi Usaha Kalian Meliputi Apa, Kapan Dan Bagaimana Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

"If opportunity doesn’t knock, build a door"-Milton Berle, "Jika Kesempatan itu tidak datang maka buatlah pintu untuk kesempatan itu" maksud dari sebuah kutipan dari seorang pelawak dan aktor Amerika pada tahun 80an sangat dapat kita jadikan pegangan dalam memasarkan usaha kalian. Jika kesempatan dalam memasarkan usaha kalian tertutup atau tidak ada kesempatan sama sekali, maka tugas kalian adalah menciptakan kesempatan itu. Bahkan Phineas Taylor Barnum seorang pemain teater asal Amerika Serikat yang dengan kecerdasan, kelihaiannya dapat mentransformasi sebuah bisnis hiburan sirkus mengatakan, "Without promotion, something terrible happens... nothing!", "tanpa sebuah promosi, sesuatu yang buruk dapat terjadi, pastikan itu tidak akan terjadi" tuturnya. Promosi menjadi hal penting dalam memasarkan sesuatu apapun itu, baik itu sebuah usaha, produk bahkan promosi untuk pribadi sendiri (personal branding). Modul ini selain berfungsi sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) juga dapat digunakan sebagai media pendukung dan latihan dalam menetapkan strategi promosi apa yang kalian pilih untuk mengembangkan usaha kalian.  

Materi dalam modul ini menjelaskan kepada kalian bagaimana menyusun strategi promosi yang baik meliputi proses pengambilan keputusan promosi yang diambil dan membahas pengaruh secara internal dan eksternal dapat membentuk keputusan dalam memilih strategi promosi. Modul ini dirancang agar kalian dapat mulai secara kritis mempertimbangkan pengambilan keputusan terkait promosi apa yang kalian pakai dalam usaha kalian sendiri. 

Dalam mempelajari dan menggunakan modul ini kalian harus cermat dalam membaca dan mempelajari materi, karena setiap bagian dalam modul berisi langkah-langkah dalam merencanakan dan memulai usaha kalian dalam memanfaatkan limbah barang berbentuk bangun ruang. Semoga kalian dapat menerapkan modul ini sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan kalian. 

Istilah

  • Promosi : Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut 
  • Periklanan (Advertising) : Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian. 
  • Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) : Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian. 
  • Publisitas (Publisity) : Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah). 
  • Promosi Penjualan (Sales promotion) : Suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian. 
  • Pemasaran Langsung (Direct marketing) : Suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen. 
  • ATL (Above The Line) : Aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan. 
  • BTL (Below The Line) : Aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat membuat sebuah strategi promosi untuk produk usaha kerajinan berbentuk bangun ruang kalian. 

B. Uraian Materi 

Seperti halnya permainan sepak bola dimana terdapat sebuah strategi yang dipakai tim dalam membangun serangan guna memenangkan sebuah pertandingan, strategi dalam usaha juga diperlukan untuk memenangkan persaingan dagang antar produsen. Strategi pemasaran akan membantu kalian membuat keputusan yang tepat tentang upaya kalian dalam memfokuskan elemen pemasaran yang paling relevan untuk usaha kalian. Hal ini merupakan langkah pertama yang penting untuk memahami bagaimana pasar yang terus berkembang terkait dengan usaha kalian dan bagaimana pengaruh hubungan antara bisnis atau merek kalian dengan pelanggan dan calon pelanggan kalian. Lalu apa itu strategi? 

Strategi menurut definisi KBBI adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; maka sudah jelas bahwa strategi disusun untuk sebuah tujuan dan sasaran yang khusus secara spesifik. Bagaimana caranya menyusun strategi promosi? Awalilah membangun strategi dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, Bagaimana cara merumuskan strategi promosi? Bagaimana cara meyakinkan pengambil keputusan bahwa sekaranglah waktu yang tepat untuk berinvestasi pada produk kalian? Apakah pelanggan saya siap untuk strategi pemasaran saya? Keputusan dalam menerapkan strategi promosi penjualan seringkali dirasa begitu rumit, kompleks dan terlalu luas, tetapi pada dasarnya semua itu berguna untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 

Objective Setting (Pengaturan Tujuan) 
Apa tujuan spesifik dan terukur dari strategi promosi kalian? 

Budget and Resource Allocation (Alokasi anggaran dan sumber daya) 
Berapa banyak dana yang dialokasikan untuk kegiatan promosi penjualan dan pemasaran? 

Options (Pilihan) 
Bentuk promosi mana yang paling sesuai untuk usaha kalian dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan? 

Promotional mix (Promosi Campuran) 
Bagaimana beragam pilihan promosi dapat digabungkan sehingga menghasilkan perpaduan yang baik dan sinergis? 

Campaign Design (Desain Kampanye) 
Bagaimana kampanye promosi usaha kalian diberi tema, dipasarkan, dan dioperasikan? 

Timing, duration, scheduling, and frequency (Waktu, durasi, penjadwalan, dan frekuensi) 
Jadwal kegiatan promosi kalian meliputi Kapan, dimana dan mengapa? Bagaimana promosi dikelola dan dikoordinasikan antar divisi dari waktu ke waktu agar dapat menyeimbangkan penawaran dan menghindari pelanggan kebingungan dan kelelahan akan promosi yang membosankan. 

Agency involvement (Keterlibatan Agensi) 
Apakah promosi penjualan dirancang dan dikelola secara mandiri, atau menggunakan agen spesialis? 

Stakeholder involvement (Keterlibatan pemangku kepentingan) 
Tingkat feedback (umpan balik) dan keterlibatan apa yang dicari dari pemangku kepentingan terkait dengan penawaran promosi, misal: departemen, kantor, manajer toko, atau pewaralaba? 

Supplier partnership (Kemitraan dengan pemasok) 
Apakah pemasok terlibat dalam keputusan pembuatan kampanye promosi usaha kalian, dan bagaimana berbagai promosi yang dilakukan pemasok dapat dinilai dan terkoordinasi? 

Implementation (Implementasi) 
Siapa yang bertanggung jawab atas aktivasi kampanye promosi dan pengelolaannya? 

Evaluation (Evaluasi) 
Tindakan apa yang digunakan untuk menilai dampak promosi terhadap tujuan dan bagaimana kalian dapat menjadikan pembelajaran bagi kegiatan promosi di masa depan? 

Tidak peduli bisnis apa yang kalian geluti maka pertaruhan yang cukup aman adalah bahwa semakin banyaknya target pasar, maka kalian dapat mengandalkan teknologi digital yang telah berkembang saat ini untuk setiap hari meneliti, mengevaluasi dan membeli produk dan layanan yang pelanggan konsumsi. Tanpa strategi keterlibatan dan retensi yang terhubung secara langsung melalui saluran digital, bisnis kalian akan kehilangan peluang emas dan yang terburuk dan dapat tertinggal dari pesaing kalian. 

Pemasaran melalui platform digital untuk ssaat ini dapat memperluas cakupan pemasaran kalian dalam mencapai dan mempersempit fokus calon pelanggan pada saat bersamaan. Dengan menggunakan saluran digital kalian dapat mengatasi kendala tradisional seperti masalah secara geografi(lokasi) dan zona waktu untuk terhubung dengan calon pelanggan yang lebih luas. Pada saat yang sama, digital teknologi memungkinkan kalian untuk mengasah pemasaran kalian secara tepat untuk menargetkan segmen yang sangat spesifik dalam pasar yang lebih luas. 

Promosi dengan menggunakan media digital jika diterapkan secara efektif bersama dengan promosi secara tradisional dapat menjadi kombinasi yang sangat kuat. Walaupun seringkali dikatakan bahwa internet membuat konsumen memegang kendali lebih dari pola sebelumnya, namun penting juga untuk diingat bahwa internet juga menghasilkan seperangkat alat, teknik, dan taktik yang memungkinkan wirausaha untuk menjangkau dan terlibat dengan konsumen. 

Kalian juga dapat menggunakan strategi promosi yang mulai digunakan di era saat ini, selain karena memiliki dampak yang luas strategi ini juga minim buget. Ini akan sangat cocok untuk kalian yang baru memulai usaha di usia dini, strategi tersebut antara lain: 

Membuat Website atau Toko Online 

Membuat website sepertinya menjadi sebuah keharusan untuk mempromosikan usaha di era digital seperti sekarang. Memiliki website ibarat memiliki sebuah toko atau tempat bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa dan memikirkan lokasi yang strategis. Jika kalian tidak memiliki kemampuan dalam membuat wesite ataupun tidak dapat membeli domain website berbayar, kalian dapat memanfaatkan "Blog" gratis sebagai langkah alternatif yang sangat cocok dilakukan oleh bisnis yang memiliki budget ketat. Kalian bisa memanfaatkan blog gratis dan menggunakan fasilitas cuma-cuma yang disediakan pada situs Internet sebagai cara promosi produk jasa, atau membeli domain dengan harga yang relatif murah untuk memiliki akses yang lebih besar dari pihak yang menyediakan jasa tersebut dan mulai mengelolanya. 

Menggunakan Social Media 

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, sosial media merupakan salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha maupun calon pengusaha. Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli atau calon pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien. Kalian dapat menggunakan media social seperti Instagram, twitter hingga facebook yang kini sudah menyediakan room untuk jual beli (market place). 

Membuat Channel Youtube 

Platform yang satu ini begitu populer dikalangan masyarakat semenjak biaya internet untuk kuota data semakin terjangkau, bahkan ditempat-tempat khusus mulai sering disediakan jaringan internet gratis. Hal ini membuat youtube menjadi media yang sangat mungkin untuk dijadikan bahan promosi, hal ini pula yang menginspirasi strategi promosi masa kini menggunakan gambar bergerak berupa animasi, motion grpahic hingga vlog. Membuat tampilan promosi dengan menggunakan media video dirasa sangat efekti dan memiliki dampak yang signifikan dan tentunya dalam platform youtube ini kalian tidak memerlukan biaya dalam membuat akun. Melalui video usaha dapat lebih detail ditampilkan, mulai dari keterangan produk yang biasa disampaikan melalui brosur maupun bentuk dan review produk tersebut. 

Menggunakan sarana iklan gratis 

Media internet yang begitu luas dan tanpa batas menawarkan berbagai kemudahan bagi kalian dalam menemukan sarana beriklan gratis. Sudah banyak situs-sius yang menawarkan iklan gratis tentunya dengan timbal balik yang jelas dan pantas. Biasanya anggota situs tersebut diminta untuk mendaftarkan produknya dan menulis penawaran produk atau jasa tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. 

Memanfaatkan Ojek Online 

Dengan berkembangnya teknologi transportasi di Indonesia seperti ojek online yang kian menjamur, pilihan promosi menggunakan ojek online ini juga dapat dijadikan pilihan dalam memasarkan produk kalian. Bagaimana caranya? kalian dapat menggunakan Ojek Online Advertising (berikalan melalui driver ojek), tentunya kalian sering melihat stiker pada mobil driver ojek online ataupun pengendara ojek motor yang menggunakan papan iklan dibelakang kendaraannya. Kenapa media ini dianggap efektif? media ini dianggap efektif khususnya dikota-kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi, dengan kemacetan yang terjadi maka iklan kalian akan sangat mungkin tersampaikan oleh calon pelanggan. Salah satu layanan advertising jenis ini yang bisa kalian gunakan adalah “Ubiklan”, startup Car Advertising yang meluncurkan layanannya sejak tahun 2016. Ubiklan sendiri memiliki berbagai pilihan pemasangan iklan mobil, mulai dari bodi mobil bagian belakang (partial), pintu kanan-kiri (side), kap mobil depan (front), dan kaca mobil belakang (back). 

 
Itulah beberapa strategi promosi yang dapat kalian pilih dan gunakan sebagai media promosi produk usaha kalian, seperti yang sudah dijelaskan diatas, promosi membawa dampak yang sangat besar untuk  sebuah produk agar bisa dikenal secara luas oleh masyarakat. Maka sudah saatnya, Ayo Atur Strategimu!. 

Langkah menyusun strategi promosi 

1. Tentukan Target kalian 

“Success is the progressive realization of a worthy goal or ideal.” -Earl Nightingale. Quote tersebut menyampaikan bahwa "Sukses adalah realisasi progresif dari tujuan atau cita-cita yang layak." Tanpa sebuah tujuan sebuah usaha ibarat sebuah taksi yang berjalan dengan menggunakan argo tanpa arah, selain tidak akan sampai, biaya yang dikeluarkan juga akan semakin mahal. Target merupakan hal pertama yang perlu kalian lakukan dalam menentukan target pasar yang potensial dan memastikan bahwa produk kalian dapat memenuhi kebutuhan target yang sudah ditentukan. 

2. Riset Karakter Target Konsumen Kalian 

Mengapa kalian perlu mengetahui karekter pelanggan dan calon pelanggan? Hal ini berguna agar kalian dapat memberikan starategi promosi yang tidak biasa sehingga dapat diterima dan menarik perhatian pelanggan. Sebagai contoh, jika produk kalian adalah kerajinan dan taget pelanggan kalian termasuk ke dalam kategori Anak kecil, maka pada saat kegiatan promosi berlangsung sebaiknya menggunakan gaya Bahasa dan gambar yang mencerminkan anak kecil dengan menggunakan desain yang memvisualkan dunia mereka. 

3. Rancang Konsep Promosi 

Konsep secara definisi merupakan gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain. Dengan membuat sebuah konsep promosi yang menarik maka calon pelanggan yang sudah ditargetkan dan ditentukan sebelumnya dapat dicapai. Contoh konsep iklan promosi yang menarik dilakukan oleh makanan anak-anak ber-merek "KinderJoy" dengan menggabungkan produk mereka dengan hadiah mainan yang sesuai dengan target pasar mereka. 

4. Sertakan Unique Selling Proposition 

Seperti sudah dijelaskan pada modul sebelumnya bahwa USP (Unique Selling Proposition) merupakan hal utama yang harus kalian temukan pada produk usaha kalian.Dengan menentukan kelibihan produk kalian maka dengan mudah kalian dapat menjadikannya senjata dalam mempromosikan produk kalian bersaing dengan produk lainnya. Bagaimana caranya? yaitu dengan memaparkan keunggulan produk yang kalian memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh produk lain, misalnya seperti memiliki bahan yang lebih baik, desain yang lebih baik, dan lain sebagainya. 

5. Program Promosi yang Menarik 

Kalian dapat membuat sebuah program promosi yang menarik tentunya dengan memanfaatkan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya. Contoh program promosi yang menarik dapat kalian lihat pada promosi permen karet legendaris asal Indonesia dengan merek “YOSAN”. Produsen ini membuat sebuah sayembara pada bungkus produknya dengan mencantumkan huruf penyusun merek tersebut, bagi pelanggan yang berhasil mengumpulkan bungkus menjadi rangkaian kata YOSAN akan mendapatkan hadiah. Program promosi ini pada intinya harus tetap mengacu kepada hal-hal yang sudah ditentukan sebelumnya. 

6. Promosi Online 

Kalian dapat memulai mempromosikan produk kalian secara online dan digital seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.  

7. Promosi Offline 

Meskipun kalian sudah melakukan promosi usaha secara online, namun kalian juga dapat memungkiri bahwa pengaruh promosi offline juga cukup besar terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi dengan cara konvensional, yaitu dengan cara menyebar brosur, iklan koran dan media cetak, atau jika punya modal lebih Anda juga bisa beriklan di papan reklame. 

8. Free Sample (sampel gratis) 

Apakah sampel gratis termasuk ke dalam kategori promosi? Tentu saja, kebanyakan pembeli akan tertarik untuk membeli setelah mencoba sebuah produk, maka tidak ada salahnya jika kalian memberikan sampel untuk calon pelanggan. Percobaan cuma-cuma ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja, produk seperti software atau produk yang sifatnya tidak dimakan juga bisa diaplikasikan. Seperti contohnya, aplikasi game yang menyediakan percobaan gratis selama 30 hari gratis. 

9. Ikut Pameran 

Pameran menjadi salah satu tempat yang tepat untuk dapat mempromosikan sebuah produk, kenapa pameran menjadi sangat tepat? karena di dalam pameran calon pelanggan berkumpul dan kalian dapat dengan mudah mengumpulkan data calon pelanggan produk kalian. 

10. Gunakan data konsumen untuk promosi 

Tujuan mengumpulkan data konsumen adalah agar kalian dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari produk kalian langsung ke pelanggan dengan menggunakan platform email atau messenger. Dengan mengkontak langsung pelanggan, maka promosi tidak akan menjadi sia-sia sehingga besar kemungkinan terjadinya pembelian. 

C. Rangkuman 

Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; 
Strategi promosi adalah rencana yang cermat untuk memperkenalkan produk usaha demi meningkatkan penjualan produk usaha; 

Jenis pertanyaan untuk membangun strategi promosi 
  1. Objective Setting (Pengaturan Tujuan) 
  2. Budget and Resource Allocation (Alokasi anggaran dan sumber daya) 
  3. Options (Pilihan) 
  4. Promotional mix (Promosi Campuran) 
  5. Campaign Design (Desain Kampanye) 
  6. Timing, duration, scheduling, and frequency (Waktu, durasi, penjadwalan, dan frekuensi) 
  7. Agency involvement (Keterlibatan Agensi) 
  8. Stakeholder involvement (Keterlibatan pemangku kepentingan) 
  9. Supplier partnership (Kemitraan dengan pemasok) 
  10. Implementation (Implementasi) 
  11. Evaluation (Evaluasi) 
Strategi promosi yang dapat menjadi pilihan di era saat ini 
  1. Membuat Website atau Toko Online 
  2. Menggunakan Social Media 
  3. Membuat Channel Youtube 
  4. Menggunakan sarana iklan gratis 
  5. Memanfaatkan Ojek Online 
Langkah menyusun strategi promosi 
  1. Tentukan Target yang Ingin Dituju 
  2. Riset Target Konsumen Kalian 
  3. Membuat Konsep Promosi 
  4. Sertakan Unique Selling Proposition 
  5. Program Promosi yang Menarik 
  6. Promosi Online 
  7. Promosi Offline 
  8. Free Sample (sampel gratis) 
  9. Ikut Pameran 
  10. Gunakan data konsumen untuk promosi 

D. Penugasan Mandiri  

Cobalah untuk menganalisa strategi promosi apa yang cocok kalian gunakan untuk usaha kalian! 

E. Latihan Soal 

1. Rencana yang cermat mengenai sebuah kegiatan untuk mencapai sasaran khusus merupakan pengertian …
 a. Promosi 
b. Strategi 
c. Pemasaran 
d. Langkah 
e. Tujuan 
 
2. Yang bukan merupakan jenis pertanyaan untuk membangun strategi promosi adalah… 
a. Objective Setting (Pengaturan Tujuan) 
b. Budget and Resource Allocation (Alokasi anggaran dan sumber daya) 
c. Options (Pilihan) 
d. Supplier partnership (Kemitraan dengan pemasok) 
e. Selling Price (Harga jual produk) 
 
3. Promosi iklan menggunakan media ojek online disebut … 
a. Ojek Online Advertising 
b. Media Social Advertising 
c. Free Site Advertising 
d. Product Advertising 
e. Offline Advertising 
 
4. Seorang pengusaha mencoba mempromosikan produknya melalui promosi offline, bentuk promosi offline salah satunya adalah… 
a. Membuat Channel Youtube 
b. Melalui Sosial Media 
c. Menggunakan Poster 
d. Menggunakan Website 
e. Melalui Email 
 
5. Contoh produk yang dibagikan secara Cuma-cuma disebut … 
a. Free Margin 
b. Free Sale 
c. Free promosi 
d. Free Ads 
e. Free Sample  

Kunci Jawaban 

1. B  
2. E 
3. A 
4. C 
5. E 

Pembahasan 

  1. Pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi 
  2. Harga jual per unit barang atau jasa yang telah diproduksi dan siap untuk dijual. 
  3. Era digital telah memunculkan menjamurnya bisnis ojek online (ojol) di indonesia. Hebatnya, berbagai strategi pemasaran bisnis ride berkembang dengan pesat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen 
  4. Suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya 
  5. Yang terpenting dalam mendatangkan konsumen adalah mereka mencoba dulu produk atau jasa anda 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran. Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Mempelajari Strategi Promosi Usaha Kalian Meliputi Apa, Kapan Dan Bagaimana Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Mempelajari Strategi Promosi Usaha Kalian  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • strategi pemasaran 4p dan contohnya
    • contoh strategi pemasaran produk baru
    • strategi pemasaran yang efektif
    • strategi promosi produk
    • contoh strategi promosi
    • strategi pemasaran produk online
    • strategi pemasaran pdf
    • manakah yang lebih utama apakah mencapai tujuan keuangan atau tujuan pemasaran