Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Administrasi Dan Pemasaran Usaha Pengolahan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Administrasi Dan Pemasaran Usaha Pengolahan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Administrasi Dan Pemasaran Usaha Pengolahan Internasional dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Administrasi Dan Pemasaran Usaha Pengolahan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Administrasi Dan Pemasaran Usaha Pengolahan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang proses perencanaan usaha pengolahan makanan internasional dari bahan pangan nabati dan hewani yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.  

Materi perencanaan usaha pengolahan makanan internasional dari bahan pangan nabati dan hewani ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai perencanaan awal untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan pengolahan makanan internasional dari bahan pangan nabati dan hewani.  

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Administrasi : suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. 
  • Bahan pangan nabati : bahan- bahan makanan yang berasal dari tumbuhan seperti kedelai, gandum, kacang-kacangan, tahu, tempe, sayur – sayuran. 
  • Bahan pangan hewani : semua bahan makanan yang berasal dari hewan, meliputi daging ruminansia (daging sapi, daging kambing, daging rusa), daging (daging ayam, daging bebek), seafood, serta telur dan susu. 
  • Makanan khas internasional : makanan yang biasa di konsumsi di suatu negara dan biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya. 
  • Pemasaran : suatu cara yang dilakukan oleh individu atau organisasi atau produsen untuk menyebarluaskan informasi seputar produk atau jasa yang dihasilkan kepada konsumen demi memperoleh keuntungan dengan melalui beberapa strategi yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. 
  • Peluang Usaha : kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. 
  • Perencanaan : proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. 
  • Sumber Daya Usaha : segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. 
  • Usaha : kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup demi mendapatkan kesejahteraan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran 3 ini, kalian dapat: 
  1. menyebutkan administrasi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha  pengolahan makanan internasional. 
  2. menentukan tujuan diterapkannya administrasi usaha. 
  3. menyebutkan pekerjaan pencatatan yang perlu dilakukan dalam perusahaan. 
  4. menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha pengolahan makanan internasional. 

B. Uraian Materi 

1.   Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Usaha Pengolahan Makanan Internasional 

 Administrasi adalah usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. 

Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. 
Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna 

Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan. 
  • Formulir banyak digunakan untuk mengurus atau menyelesaikan surat – surat tertentu.  
  • Surat merupakan alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan pesan.  
  • Laporan merupakan bentuk catatan kantor yang memperkuat hubungan vertical secara structural dari bawahan ke pimpinan. 
Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Perusahaan atau Memulai 
Berbisnis 

a. Persiapan Administrasi 

Administrasi bisa dikatakan sebagai membatu, melayani, memenuhi, dan melengkapi. Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan. 
Beberapa Fungsi Administrasi: 
  1. Tujuan yang ingin diperoleh disetarakan dengan beban kerja yang ada. 2) Pekerjaan terbagi secara efektif. 
  2. Fungsi administrasi sebagai tata usaha adalah mempermudah pekerjaan laporan atau pengarsipan dokumen sehingga mempermudah kerja manaterial. 
  3. perusahaan lebih terarah dan lebih terstruktur bila bekerjasama dalam kelompok kerja 
  4. Manajemen yang tepat akan menyelesaikan tugas lebih efisien. 

b. Maksud Dan Tujuan Administrasi 

Administrasi yang baik dan rapi adalah membantu pengelolaan perusahaan dan kelancaran usaha, khususnya dalam pelaporan hasil usaha dan pencatatan administrasi. 
 
Tujuan diterapkannya administrasi yaitu: 
  1. Mendapatkan informasi proses bisnis perusahaan. 
  2. Akan mendapatkan data yang akurat dalam mengambil keputusan strategic decision making process seperti keputusan penetapan harga, keputusan efisien, keputusan investasi, dan keputusan permodalan. 
  3. Penyusunan program dalam rencana pengembangan usaha seperti lisensi atau waralaba franchise  
  4. Mengetahui kinerja perusahaan. 
  5. Memperlancar proses antar bagi dalam menjanlakan pekerjaan. 
Kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan yaitu: 
  1. Administrasi di gunakan sebagai alat bukti catatan 
  2. Administrasi di gunakan sebagai alat manajemen laporan 
  3. Administrasi di butuhkan sebagai penilaian catatan dan laporan 

c. Kegiatan Administrasi 

Kegiatan administrasi atau tata usaha meliputi pekerjaan pencatatan yang perlu dilakukan dalam perusahaan seperti: 
  1. Mencatat penyelenggaraan produksi 
  2. Menyusun rencana anggaran perusahaan 
  3. Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan 
  4. Membuat daftar gaji karyawan 
  5. Mencatatan pesanan 
  6. Menyelenggarakan pembukuan 
  7. Melakukan pengarsipan dokumen 
Beberapa aspek penting dalam perencanaan administrasi usaha:  
  • Mengurus Izin Usaha Izin usaha adalah alat untuk membina, mengarahkan, mengawasi dan melindungi pengelolaan usaha.  
  • Penetapan Besarnya Retribusi Ketentuan tata cara perhitungan retribusi SITU 
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)  
  • Pengurusan Pajak  
  • Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)  

2. Perencanaan Pemasaran Usaha Pengolahan Makanan Internasional 

 
Langkah awal sebelum memulai sebuah usaha makanan internasional adalah menentukan segmentasi pasar. Seorang wirausahawan makanan internasional harus pandai-pandai menciptakan inovasi menu makanan dan minuman yang sesuai dengan segmen konsumen yang akan dituju.  
 
 
Ada dua faktor utama yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan segmentasi pasar dalam merencanakan pemasaran makanan internasional yaitu:  
  • Lokasi Usaha Segmentasi pasar bisa dibedakan berdasarkan lokasi usaha tersebut berada. Oleh sebab itu, perhatikan kebutuhan dan minat konsumen di sekitar lokasi usaha agar produk yang ditawarkan sesuai dengan permintaan para konsumen.  
  • Harga Jual Harga jual produk juga menjadi salah satu faktor utama dalam membedakan segmentasi pasar.  
Para pelaku usaha biasanya membagi target pasar menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok konsumen bawah, konsumen menengah, dan konsumen segmen atas. Strategi pemasaran untuk setiap target pasar tentu saja berbeda. Konsumen kalangan bawah dapat ditawarkan menu makanan pokok dengan harga jual yang terjangkau. Sedangkan untuk konsumen menengah, bisa memadukan antara makanan dan minuman internasional dengan harga jual yang tidak terlalu mahal. Dan untuk kalangan atas, yang terpenting adalah pelayanan prima dan kelezatan cita rasa kuliner yang disajikan. Kalangan/Segmen atas biasanya tidak memikirkan uang yang mereka keluarkan namun yang terpenting adalah kepuasan yang bisa mereka dapatkan.  
 
Dengan menentukan segmentasi pasar sebelum memulai usaha, maka secara tidak langsung telah memilih fokus usaha yang ingin dioptimalkan dalam meningkatkan daya saing dan strategi pemasaran yang paling efektif untuk memulai usaha makanan internasional.  
 
Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga makanan harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar, selera konsumen, citra produk, saluran distribusi, dan penentuan harga.  
 
Ada lima kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha, yaitu sebagai berikut:  
  • a. Penjualan personal (personal selling), merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan media individu.  
  • b. Iklan (advertising), merupakan komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan.  
  • c. Promosi penjualan (sales promotion), dapat digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi meliputi kegiatan perencanaan, implementasi dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada konsumen serta sasaran lainya.  
Kegiatan promosi memiliki fungsi antara lain: 
  1. Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need); 
  2. Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness); 
  3. Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude); 
  4. Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention); 
  5. Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase facilitation); 
  6. Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning). 
  • d. Publikasi (publication), mencakup pengaturan komunikasi masa diluar iklan dan promosi penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.  
  • e. Sponsorship, merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat.  

C. Rangkuman 

  1. Administrasi adalah usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. 
  2. Kegiatan administrasi banyak mengandalkan catatan yang dapat berupa formulir, surat – surat, dan laporan. 
  3. Administrasi memiliki maksud, fungsi, dan tujuan yang sangat penting dalam usaha mencapai apa yang diinginkan dalam berwirausaha. 
  4. Makanan internasional memiliki kesan modern. Secara umum strategi pemasaran yang cocok untuk usaha pengolahan makanan internasional adalah menentukan segmen pasar dengan cara selalu berfokus pada kebutuhan pasar dan melakukan promosi secara terus menerus. 
  5. romosi meliputi kegiatan perencanaan, implementasi dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada konsumen serta sasaran lainnya. 
  6. Kegiatan promosi berfungsi untuk menginformasikan, mengingatkan, membujuk, menambah nilai produk, dan mendampingi upaya – upaya lain perusahaan. Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar, selera konsumen, citra produk, saluran distribusi, dan penentuan harga. 

D. Penugasan Mandiri  

  1. Buatlah perencanaan administrasi yang baik untuk mendirikan salah satu usaha pengolahan makanan internasional yang ada dilingkunganmu! Kemudian, buatlah laporan dari perencanaan administrasi usaha tersebut! 
  2. Laporan Perencanaan Pemasaran Makanan Internasional  
    • Berdasarkan Segmentasi Pasar  
    • Segmentasi Pasar  
    • Peluang Usaha Makanan Internasional  
    • Pembahasan dan Kesimpula 

E. Latihan Soal  

  1. Sebutkan administrasi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha  usaha pengolahan makanan internasional? 
  2. Sebutkan tujuan diterapkannya administrasi usaha pengolahan makanan internasional! 
  3. Sebutkan pekerjaan pencatatan yang perlu dilakukan dalam perusahaan! 
  4. Sebutkan kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha! 
  5. Sebutkan strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha pengolahan makanan internasional! 

Kunci dan Pembahasan Soal 

1. Persiapan Administrasi Usaha Sebelum Membuat Perusahaan atau Memulai berbisnis 
a. Persiapan Administrasi 
b. Maksud Dan Tujuan Administrasi 
c. Kegiatan Administrasi 
 
2. Tujuan diterapkannya administrasi yaitu: 
a. Mendapatkan informasi proses bisnis perusahaan. 
b. Akan mendapatkan data yang akurat dalam mengambil keputusan strategis 
c. Penyusunan program dalam rencana pengembangan usaha seperti lisensi atau waralaba franchise  
d. Mengetahui kinerja perusahaan. 
e. Memperlancar proses antar bagi dalam menjanlakan pekerjaan. 
 
3. Kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan yaitu: 
a. Administrasi di gunakan sebagai alat bukti catatan 
b. Administrasi di gunakan sebagai alat manajemen laporan 
c. Administrasi di butuhkan sebagai penilaian catatan dan laporan. 
 
4. Cara – cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen (pemasaran produk): 
a. Penjualan personal (personal selling), merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan media individu.  
b. Iklan (advertising), merupakan komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan.  
c. Promosi penjualan (sales promotion), dapat digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen.  
d. Publikasi (publication), mencakup pengaturan komunikasi masa diluar iklan dan promosi penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.  
e. Sponsorship, merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat. 
 
5. Strategi pemasaran yang cocok untuk usaha pengolahan makanan internasional adalah menentukan segmen pasar dengan cara selalu berfokus pada kebutuhan pasar dan melakukan promosi secara terus menerus. 
  

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 
 

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Administrasi Dan Pemasaran Usaha Pengolahan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Administrasi Dan Pemasaran Usaha Pengolahan Internasional  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • hubungan administrasi dan pemasaran
    • tujuan diadakaannya administrasi usaha pengolahan makanan internasional adalah
    • mengapa administrasi dan pemasaran sangat penting dalam usaha
    • contoh administrasi pemasaran
    • pengertian sumber daya administrasi dan pemasaran
    • tujuan diadakannya administrasi usaha pengolahan makanan internasional adalah
    • komponen proposal yang berisi rencana pemasaran usaha pengolahan makanan internasional adalah
    • contoh administrasi usaha