Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap - 40+ Contoh Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru

40+ Contoh Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo adik adik semuanya, pada kesempatan yang baik ini kakak ingin berbagi beberapa soal tentang PTS Keberagaman Budaya pada pembahasan tema 1 untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 4 SD/MI, soal ini sudah kakak susun dengan kunci jawabannya sehingga memudahkan adik adik dalam mengerjakan latihan dari guru yang nantinya.
    40+ Contoh Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru
    40+ Contoh Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru



    Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI


    40+ Contoh Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 3 SD/MI ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 3 SD/MI  Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

    Berikut rumpunnews memberikan Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 3 SD/MI

    PETUNJUK UMUM
    1. Tulis namamu di sudut kanan atas
    2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
    3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
    4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

    A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


    1. Kita harus menghargai keberagaman yang ada di Indonesia. Menghargai keberagaman merupakan wujud semangat  ....
    a. saling membantu
    b.  persatuan dan kesatuan
    c. menghindari perbedaan
    d. meningkatkan ibadah

    2. Di bawah ini sikap yang mengutamakan persatuan dan kesatuan adalah ....
    a. hidup rukun dengan tetangga
    b. menolong tetangga supaya dipuji
    c. bekerja bakti jarang berangkat
    d. ikut rapat kalau ada imbalan

    3. Semangat kerja sama sebaiknya diitanamkan sejak ....
    a. dewasa
    b. sekolah
    c. kecil
    d. remaja

    4 Salah satu hari raya umat beragama Hindui adalah hari raya  ....
    a. Nyepi
    b. Waisak
    c. Natal
    d. Idul Fitri

    5. Di bawai ini bukan merupakan contoh menghargai keberagaman suku bangsa di Indonesia adalah ....
    a. belajar bersama walaupun berbeda suku bangsa
    b. bermain bersama dengan teman yang berbeda suku bangsa
    c. menjenguk teman dari suku lain yang sakit
    d. bermain hanya dengan teman yang berasal dari suku yang sama

    6. Kewajiban kita terhadap teman yang beragama lain di sekolah adalah .........

    7. Pekerjaan yang berat sebaiknya dikerjakan secara gotong royong agar ...........

    8. Kamu sedang bermain dan melihat ayah sedang membersihkan rumput di halaman rumah. Sikap  kamu yang baik adalah ..............

    9. Negara  Indonesia dianugerahi banyak keberagaman.
    Sebutkan 3 (tiga) contoh keberagaman yang ada di Indonesia tersebut!

     Untuk soal nomor 10, 11, 12
          Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
          Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
    10 Ide pokok dari paragraf pertama pada bacaan di atas adalah ....
    a. Warga desa mengambil sampah dan meletakkan di gerobag sampah
    b. Mereka berencana membersihkan selokan
    c. Pagi itu, semua warga bersemangat membersihkan selokan
    d. Musim hujan hampir tiba

    11. Ide pokok paragraf kedua ada pada ....
    a. awal paragraf
    b. tengah paragraf
    c. akhir paragraf
    d. awal dan akhir paragraf

    12. Ide pokok pada paragraf kedua berjumlah ....
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

    13 Congklak
          Congklak adalah permainan tradisional yang ada di Indonesia. Di masing-masing daerah permainan ini memiliki nama yang berbeda. Ada yang menyebut congklak, ada juga yang mengenalnya dengan permainan dakon. Dalam permainan ini terdapat unsur persaingan yang sportif, kejujuran, dan interaksi antar pemain.
          Permainan congklak dimainkan dengan cara pemain yang menang suit terlebih dahulu mengambil biji dari lobang yang dipilihnya, lalu diisikan satu persatu ke lubang-lubang sebelah kanannya.
    ....................................................................................................................
    Permainan dianggap berhenti, apabila sudah tidak ada papan yang terisi biji congklak.
    Menurut bacaan di atas, unsur yang tidak terdapat dalam permainan congklak adalah ....
    a. sportif
    b. jujur
    c. bermain curang
    d. interaksi antar pemain

    14 Berikut ini cara bermain congklak yaitu ....
    a. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kiri satu persatu
    b. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kanan satu persatu
    c. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kiri secara bersamaan
    d. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kanan secara bersamaan

    Dodol Betawi Mak Salmah
          Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah menerima banyak pesanan. Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional Betawi di kampungnya. Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festifal Betawi. Makanan Betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.
          Sudah sejak seminggu yang lalu Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya membuat adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerja sama. Tidak  hanya perempuan. Laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras  ketan. Adonan dituang kawa, lalu diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh karena itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.

    15. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi paragraf pertama adalah ....
    a. Jajanan tradisional Betawi hanya dodol Betawi
    b. Mak Salmah menerima banyak pesanan dodol
    c. Mak Salmah bekerja keras selama seminggu
    d. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerja sama

    16. Pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama karena ....
    a. perempuan dan laki-laki bekerja sama
    b. perempuan harus memarut kelapa dan menyiapkan bahan
    c. harus dimasak dalam kawa besar
    d. pembuatannya berat dan memakan waktu lama

    17. Gagasan pokok disebut juga ......................

    18. Pada permainan congklak dianggap selesai apabila .................

    19. Makanan tradisional betawi yang ada pada festival Betawi misalnya.........., ...........

    20. Tuliskan Ide pokok paragraf pertama bacaan Dodol Betawi Mak Salmah!
    ....................................................................................................................
    21. Sebutkan 3 manfaat permainan congklak!
    a. ...................................
    b. ....................................
    c. ....................................

    22. Saat ibu menelepon menggunakan ponsel (HP), bunyi merambat melalui ....
    a. benda cair
    b. benda gas
    c. benda padat
    d. ruang hampa

    23. Benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut ....
    a. sumber bunyi
    b. frekuensi
    c. amplitudo
    d. gaung

    24. Frekuuensi suara yang dapat didengar oleh manusia adalah ....
    a. 40.000 – 50.000 hz
    b. 30.000 – 40.000 hz
    c. 20.000 – 30.000 hx
    d. 20 – 20.000 hz

    25. Karpet atau spons yang dipasang pada gedung pertemuan atau gedung bioskop berfungsi sebagai ....
    a. pemantul suara
    b. peredam suara
    c. pengeras suara
    d. pelemah suara

    26. Bunyi tidak dapat merambat melalui ....................
    27. Sebutkan 3 sifat bunyi!
    a. ...................................
    b. ...................................
    c. ...................................

    28. Salah satu suku yang berasal dari Jawa Barat adalah ....
    a. Badui
    b. Tengger
    c. Sasak
    d. Betawi

    29. Alat musik Tanjidor berasal dari ....
    a. Bandung
    b. Jakarta
    c. Banten
    d. Semarang

    30. Hubungan timbal balik antar manusia baik perorangan ataupun kelompok yang saling memengaruhi satu sama lain disebut ....
    a. pekerjaan sosial
    b. apresiasi sosial
    c. pengetahuan sosial
    d. interaksi sosial

    31. Tumpeng merupakan makanan contoh makanan tradisional Indonesia. Salah satu contoh upacara adat yang menggunakan tumpeng adalah ....
    a. Ngaben
    b. Nyeruwit
    c. Grebeg
    d. Sepintu

    32.  Permainan tradisional ini dimainkan oleh 2 kelompok. Satu kelompok sebagai tertawan dan satu kelompok sebagai penawan. Nama permainan tersebut adalah  .....................
    33. Sebutkanlah 3 (tiga) manfaat gotong royong!

    34. Tarian Bungong Jeumpa dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan saat berdiri dan gerakan saat ....
    a. lari
    b. duduk
    c. melompat
    d. membungkuk

    35. Dalam bahasa Indonesia Bungong Jeumpa berarti ....
    a. bunga melati
    b. bunga mawar
    c. bunga cempaka
    d. bunga matahari

    36. Formasi penari bentuk lengkung para penari berbaris membentuk formasi ....
    a. formasi huruf U
    b. lurus ke samping
    c. lurus ke belakang
    d. formasi huruf I

    37. Dalam sebuah tari, gerak merupakan unsur ....
    a. pelengkap
    b. tambahan
    c. bebas
    d. utama

    38. Gerak dasar  tari Bungong Jeumpa dibagi menjadi  2 macam yaitu gerakan............. dan gerakan ...............
    39.   Salah satu aksesoris dalam tarian adalah sangggul. Sanggul dipasang pada bagian ..........................
    40.   Sebutkan 3 (tiga) contoh tari tradisional yang dipentaskan dalam bentuk kelompok!


    KUNCI JAWABAN PTS KELAS IV
    TEMA 1

    1 B
    2 A
    3 C
    4 A
    5 D
    6 Menghormati
    7 Menjadi ringan 
    8 membanbtu 
    9 agama, suku, budaya, (kebijakan guru)
    10 D
    11 A
    12 A
    13 C
    14 B
    15 B 
    16 D 
    17 Pikiran pokok/ pikiran utama
    18 Tidak ada papan yang berisi biji congklak
    19 Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi
    20 Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun
    21 a. sportif
     b. kejujuran
     c. interaksi antar pemain

    22 B
    23 A
    24 D
    25 B
    26 Ruang hampa
    27
    a. dapat merambat melaui zat padat, cair, dan gas
    b. dapat diserap dan dipantulkan
    c. memiliki getaran
    28 A
    29 B
    30 D
    31 C
    32 bentengan
    33.
    a. pekerjaan cepat selesai
    b. pekerjaan menjadi lebih ringan
    c. menumbuhkan sikap persatuan dan kesatuan (kebijakan guru)
    34. B
    35 C
    36 A
    37 D
    38 berdiri dan duduk
    39. kepala
    40 a. Bungong Jeumpa
     b. Pakarena
     c. Kecak (kebijakan Guru)


    Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

    #
    Soal PTS Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
    Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Baca juga yang sejenis

      Pencarian yang paling banyak dicari
      • soal tema 1 kelas 4
      • soal tematik kelas 4 tema 1 subtema 3
      • soal tematik kelas 4 tema 1 indahnya kebersamaan
      • kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 1 indahnya kebersamaan
      • soal ulangan harian kelas 4 tema 1 subtema 1
      •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022