Materi Kertas Kerja (Worksheet) Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA
Materi Kertas Kerja (Worksheet) Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Kertas Kerja (Worksheet) dari mata pelajaran Ekonomi untuk adik adik kelas XII SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Kertas Kerja (Worksheet) Mapel Ekonomi kelas 12 SMA/MA |
Hai! Salam sehat dan semangat merdeka belajar! Senang berjumpa dengan kalian anak-anak hebat Indonesia. Selamat berjumpa dalam modul ekonomi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Pada modul sebelumnya anda telah mempelajari persamaan dasar akuntansi. Pemahaman anda tentang persamaan dasar akuntansi merupakan prasyarat agar anda dapat memahami materi tentang siklus akuntansi perusahaan jasa.
Menurut kodratnya, manusia adalah mahluk ekonomi sekaligus mahluk sosial. Sebagai mahluk ekonomi, manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidup melalui kegiatan ekonomi, salah satunya kegiatan produksi. Kegiatan produksi tidak hanya mengubah nilai guna barang, tetapi juga mengubah nilai guna jasa. Istilah jasa berkaitan dengan kegiatan menciptakan sesuatu yang tidak berwujud, tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh manusia. Pihak atau lembaga yang menawarkan jasa disebut perusahaan jasa. Untuk lebih mengetahui dan memahami siklus akuntansi perusahaan jasa, yuk......pelajari materi ini dengan saksama.
Istilah
- Akun : Merupakan media akuntansi untuk mencatat transaksi keuangan yang mengakibatkan terjadinya perubahan aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban.
- Notaris : Sebuah profesi untuk seseorangan yang telah menyelesaikan pendidikan hukum yang dilisensi oleh pemerintah untuk melakukan hal-hal hukum, khususnya sebagai saksi penandatanganan sebuah dokumen.
- Posting : Proses pemindahbukuan informasi atau data akuntansi dari buku jurnal atau neraca saldo awal periode ke buku besar.
- Scontro : Buku besar akuntansi yang biasanya disebut bentuk dua kolom. Scontro berarti sebelah menyebelah atau dibagi dua yakni sebelah kiri debit dan sebelah kanan kredit.
A. Tujuan Pembelajaran
B. Uraian Materi
1. Pengertian Kertas Kerja
2. Tujuan penyusunan kertas kerja yaitu:
- Memudahkan penyusunan laporan keuangan.
- Menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldod an data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum menyusun laporan keuangan yang formal.
- Mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.
3. Prosedur penyusunan kertas kerja sebagai berikut:
- Memasukkan saldo-saldo yang terdapat dalam neraca saldo ke kolom Neraca Saldo.
- Memasukkan jurnal-jurnal penyesuaian ke dalam kolom Penyesuaian.
- Mengisi kolom Neraca Saldo Disesuaikan dengan cara menjumlahkan atau mencari selisih antara kolom Neraca Saldo dengan kolom Penyesuaian. Jika sejenis (misal, debit bertemu debit atau kredit bertemu kredit) maka dijumlahkan dan ditulis di kolom yang sejenis. Sedang jika berbeda jenis (misal, debit bertemu kredit atau kredit bertemu debit) maka dikurangkan dan hasilnya ditulis di kolom yang angkanya lebih besar.
- Memindahkan jumlah-jumlah yang ada dalam kolom Neraca Saldo Disesuaikan ke dalam kolom Laba Rugi dan kolom Laporan Posisi Keuangan/Neraca.
- Untuk akun Nominal atau Laba Rugi yakni akun pendapatan dan beban harus dipindahkan ke dalam kolom Laba Rugi.
- Untuk akun Riil yakni aset, liabilitas, dan ekuitas harus dipindahkan ke dalam kolom Laporan Posisi Keuangan /Neraca.
- Menjumlahkan kolom Laba Rugi dan Posisi Keuangan/Neraca.
- Jika dalam kolom Laba Rugi lebih besar sebelah kredit, maka selisih akan ditulis di kolom debit sehingga hasil akhir angka akan balance/seimbang. Kondisi ini berarti Laba. Dan pada kolom Posisi Keuangan selisih akan ditulis pada kolom kredit dengan angka yang sama.
- Jika dalam kolom Laba Rugi lebih besar sebelah debit, maka selisih akan ditulis dikolom kredit sehingga hasil akhir akan balance/seimbang. Kondisi ini berarti Rugi. Dan pada kolom Posisi Keuangan selisihnya akan ditulis di kolom debit dengan angka yang sama.
4. Bentuk Kertas Kerja
- Berdasarkan hasil penilaian akhir, nilai perlengkapan yang tersisa sebesar Rp25.000,00.
- Peralatan kantor disusutkan sebesar 5%.
- Sewa sebesar Rp2.400.000,00 untuk masa satu tahun terhitung mulai bulan Mei 2019
- Gaji karyawan yang belum dibayar sebesar Rp300.000,00.
- Bunga yang masih harus diterima sebesar Rp75.000,00.
- Pada neraca saldo, nilai perlengkapan sebesar Rp100.000,00 sedangkan data penyesuaian menunjukkan jumlah yang tersisa Rp25.000,00. Artinya perlengkapan yang terpakai Rp100.000,00 – Rp25.000,00 = Rp75.000,00.
- Harga peralatan kantor di neraca saldo Rp4.000.000,00. Data jurnal penyesuaian menyebutkan penyusutan sebesar 5%. Jadi, jumlah disusutkan adalah Rp4.000.000,00 x 5% = Rp200.000,00.
- Sewa 1 tahun Rp2.400.000, jika terhitung mulai Mei 2019 berarti sewa yang sudah terpakai hingga Desember adalah 8 bulan sebesar 8/12 x Rp2.400.000,00 = Rp1.600.000,00.
- Dicatat utang gaji yang belum dibayar Rp300.000,00.
- Dicatat piutang bunga yang masih harus diterima Rp75.000,00.
C. Rangkuman
- Kertas kerja adalah format berkolom-kolom yang dipergunakan untuk membantu menggabungkan seluruh data akuntansi pada akhir periode akuntansi dalam rangka membantu menyusun laporan keuangan.
- Tujuan penyusunan kertas kerja di antaranya:
- Memudahkan penyusunan laporan keuangan
- Menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum menyusun laporan keuangan yang formal.
- Mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
KUNCI JAWABAN
F. Penilaian Diri
- contoh kertas kerja
- fungsi kertas kerja
- fungsi neraca lajur
- cara menggunakan excel untuk akuntansi
- jurnal excel
- cara membuat neraca lajur
- neraca saldo adalah
- jurnal penutup